Amalan-amalan Sunnah Hari Jumat Yang Mengandung Banyak Fadhilah

amalan sunnah hari jumatKetahuilah bahwa hari jumat adalah hari yang mulia. Allah swt menyediakan begitu banyak karunia bagi kita umat nabi Muhammad saw khusus pada hari ini. Namun untuk meraih semua karunia yang telah disediakan itu kita haruslah bersungguh-sungguh melakukan amalan-amalan yang dapat mendukung kita untuk dapat meraih karunia-karunia tersebut.

Berikut beberapa amalan sunnah hari jumat yang diajarkan oleh para ulama berdasarkan hadits dan sunnah Rasululloh saw untuk kita lakukan secara istiqomah:

Memperbanyak Membaca Al-Qur’an

Diantara amalan-amalan sunnah yang dianjurkan oleh para ulama untuk dilakukan pada hari jumat adalah memperbanyak membaca Al-Qur’an. Memanfaatkan nikmat waktu yang dilalui pada hari jumat dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an memiliki begitu banyak manfaat dan fadhilah bagi kita, disamping memang karena Al-Qur’an itu sendiri adalah merupakan karunia terbesar untuk kita.

Dari sayyidina Ali bin Abi Tholib karromallohu wajhah memberikan nasehat kepada kita: “Barangsiapa yang duduk membaca Al-Qur an, niscaya dia akan berdiri darinya dengan tambahan atau kekurangan, yaitu bertambah dalam mendapatkan petunjuk, atau berkurang dalam kesesatan.”

Beliau juga memberikan nasehat kepada kita: “Mintalah dari Allah swt segala kebaikan dengan mengikuti Al-Qur an. Mendekatlah kepada Allah swt dengan mencintai Al-Qur an. Janganlah memperalatnya demi mendapatkan sesuatu dari hamba-hamba Allah dengannya. Tiada sesuatu sebaik Al-Qur an yang dapat dibawa seseorang ketika menghadapkan diri kepada Allah swt.”

Diantara surah-surah dalam Al-Qur’an yang dianjurkan untuk dibaca khusus pada malam atau hari jumat antara lain:

1. Surah Al-An’am
2. Surah Al-Kahfi
3. Surah Toha
4. Surah Yaasin
5. Surah Ad-Dukhan
6. Surah As-Sajadah
7. Surah Al-Mulk
8. Surah Al-Ikhlash

Dikatakan bahwa barangsiapa yang banyak membaca surah Al-An’am pada malam jumat atau pada siang hari jumat maka Allah swt akan senantiasa

– Memelihara kwalitas agamanya
– Memperbaiki rezeki untuknya
– Menjaga kwalitas hidupnya selama di dunia maupun di akherat kelak.

Berkaitan dengan fadhilah membaca surah Al-Kahfi, Rasululloh saw pernah bersabda:

“Barangsiapa yang sering membaca surah Al-Kahfi pada malam jumat atau pada siang harinya, maka Allah swt akan memberikan untuknya cahaya yang sinarnya akan terpancar dari tempat ia membacanya hingga ke Mekkah, akan diampuni dosa-dosanya hingga jumat yang akan datang, akan terus diberi karunia oleh Allah swt selama tiga hari, 70 ribu malaikat senantiasa memohonkan ampun kepadanya sampai pagi, dipelihara dari berbagai macam penyakit dan dilindungi oleh Allah swt dari fitnah Dajjal.”

Berkaitan dengan fadhilah membaca surah Toha diantaranya adalah:

– Hatinya terpelihara untuk cenderung mendirikan sholat malam.
– Senang berbuat kebaikan dan suka berkumpul dengan para ulama.

Diantara fadhilah yang akan diperoleh dengan membaca surah Yaasin antara lain:

– Allah swt akan memperkuat agamanya.
– Memepermudah keluarnya ruh ketika sakaratul maut.
– Membaca Surah Yasin sama dengan membaca Al-Qur’an 10 kali.
– Dapat memberi syafaat bagi pembacanya.
– Dimudahkan hajatnya.
– Meringankan siksa kubur.
– Menolak kejahatan.
– Jika sedang ketakutan, Allah akan menghilangkan rasa takutnya itu.

Berkaitan dengan fadhilah membaca surah As-Sajadah, Ibn Ka’ab meriwayatkan bahwa sesungguhnya Rasululloh saw pernah bersabda:

“Barangsiapa yang suka membaca surah As-Sajadah, maka Allah akan memberikan pahala untuknya sama dengan pahala orang yang menghidupkan malam lailatul qodar.”

Diantara fadhilah yang akan diperoleh bagi orang yang suka dan sering membaca surah As-Sajadah adalah Allah swt akan memperkuat ketauhidannya dan membersihkan keyakinannya.

Sedangkan yang berkaitan dengan fadhilah membaca surah Ad-Dukhan, dalam sebuah hadits Rasululloh saw pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surah Ad-Dukhan pada malam jumat atau pada siang harinya, maka Allah swt akan membangun sebuah rumah untuknya di surga.”

Sementara diantara fadhilah membaca surah Al-Mulk antara lain:

– Allah akan melimpahkan kebaikan di dunia maupun di akherat kelak.
– Memperbanyak kepemilikan untuknya serta menambah keberkahannya.

Perbanyaklah membaca surah Al-Ikhlash

Surat Al-Ikhlash merupakan surah yang ke-112 dalam Al-Qur an. Memiliki begitu banyak fadhilah atau keutamaan yang sangat menakjubkan. Diturunkan di Mekkah, terdiri atas empat ayat berisi tentang penegasan ke-esa-an Allah swt dan menolak segala bentuk penyekutuan terhadap-Nya.

Dalam sebuah hadits Rosululloh saw bersabda:

“Barangsiapa membaca surah Al-Ikhlash sewaktu sakit sehingga dia meninggal dunia, maka dia tidak akan membusuk di dalam kuburnya, akan selamat dia dari kesempitan kuburnya dan para malaikat akan membawanya dengan sayap mereka melintasi titian shirotul-mustaqim lalu menuju ke surga.”

(Demikian diterangkan dalam Tadzkirotul Qurthuby).

Fadhilah Membaca Surat Al-Ikhlash

Pada suatu hari ketika berkumpul bersama para sahabatnya, Rosululloh SAW pernah bertanya kepada mereka, siapakah diantara kalian yang dapat mengkhatamkan Al-Qur an dalam waktu singkat?

Tidak ada seorangpun dari sahabatnya yang menjawab. Malah Sayyidina ‘Umar bin Khattab r.a. berkata bahwa mustahil untuk mengkhatamkan Al-Qur an dalam waktu singkat. Sayyidina ‘Ali bin Abi Tholib kemudian mengangkat tangannya, menyatakan kesanggupan. Sayyidina ‘Umar berkata kepadanya bahwa ia mungkin tidak tahu apa yang dikatakannya itu.

Kemudian Sayyidina ‘Ali bin Abi Tholib membaca Surat Al-Ikhlash sebanyak tiga kali. Rosululloh saw berkata bahwa dia benar. Kemudian menerangkan bahwa membaca Surat Al-Ikhlash sekali pahalanya sama dengan membaca sepertiga Al-Qur an. Jika membaca Surat Al-Ikhlash sebanyak tiga kali sama dengan membaca Al-Quran secara utuh.

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a. bahwa Rosululloh SAW telah bersabda:

“Ketika saya (Rosululloh SAW) melakukan perjalan isro-miraj ke langit, maka saya telah melihat ‘Arsy di atas 360,000 sendi dan jarak jauh antara satu sendi ke satu sendi ialah 300,000 tahun perjalanan. Pada tiap-tiap sendi itu terdapat padang sahara sebanyak 12,000 dan luasnya setiap satu padang sahara itu seluas jarak dari timur hingga ke barat. Pada setiap padang sahara itu terdapat 80,000 malaikat yang mana kesemuanya membaca Surat Al-Ikhlash. Setelah mereka selesai membaca Surat Al-Ikhlash maka berkata mereka: Wahai Tuhan kami, sesungguhnya pahala dari bacaan kami ini, kami berikan kepada orang yang membaca Surat Al-Ikhlash, baik ia lelaki maupun perempuan.”

Dari A’isyah r.a., bahwasanya Nabi Muhammad saw pernah mengutus seorang shahabat dalam sebuah pertempuran. Lalu dia mengimami sholat dan selalu membaca surat Al-Ikhlash. Tatkala mereka kembali dari pertempuran mereka adukan hal tersebut kepada Nabi Muhammad saw. Beliau bersabda:

“Tanyakan kepadanya apa yang membuat dia berbuat seperti itu, merekapun menanyakannya. Lalu orang tersebut pun menjawab: “Karena sesungguhnya surah Al-Ikhlash itu mengandung sifat yang dimiliki oleh Ar-Rohman dan aku suka untuk membacanya. Maka Nabi Muhammad saw bersabda: “Kabarkan kepadanya bahwa Allah swt mencintainya”

(HR. Al-Bukhari no.7375)

Dari Abu Hurairah r.a., beliau berkata: “Aku pernah bersama Rosululloh saw dan disaat itu beliau mendengar seseorang membaca Al-Ikhlash. Lalu beliau bersabda: “Dia telah mendapatkan”, Aku(Abu Hurairah) bertanya: “Mendapatkan apa wahai Rosululloh?” Beliau menjawab: “Surga.”

(HR. At Tirmidzi)

Dalam hadits yang lain beliau bersabda: “Kecintaanmu terhadap surah Al-Ikhlash akan memasukkanmu ke dalam surga.” (HR. Al-Bukhari)

Demikian hal ini saya sampaikan, Kurang-lebihnya mohon maaf. Yang benar datangnya dari Allah swt, dan yang salah itu dari diri saya sebagai manusia yang lemah dan sedikit ilmunya. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan khususnya bagi saya dalam rangka menuju cahaya dan meraih hidayah-Nya.

Leave A Response »