Sifat Hasad – Penyebab, Bahaya dan Obat Penyembuhnya

bahaya sifat dengkiSegala puji bagi Allah SWT yang telah mengutus para nabi dan rasul-Nya kepada manusia sebagai pemberi peringatan dan pembawa kabar gembira tentang negeri akherat agar mereka tidak tersesat dalam menjalani kehidupan sementaranya selama didunia.

Tugas utama yang diemban oleh para nabi dan rasul selain mengingatkan manusia bahwa Tuhan mereka hanyalah Allah SWT yang maha esa, tidak ada Tuhan yang lain yang patut disembah melainkan Dia, juga membantu dan menolong manusia membersihkan hati dan jiwa mereka melalui tuntunan dari Allah SWT berupa al-Qur’an (al-Qur’an) dan al-Hikmah (as-Sunnah).

al-Kitab atau al-Qur’an dan al-Hikmah atau as-Sunnah jika dibaca, difahami, diperhatikan, direnungkan dan diamalkan maka semua nilai-nilai pesan yang dikandungnya bertujuan untuk membentuk manusia yang paripurna. Manusia yang terpelihara hati dan jiwanya dari hal-hal yang tercela dan bahkan cenderung dapat menjadikan manusia sebagai makhluk yang terpuji dan mulia.

Oleh sebab itu, pada artikel saya kali ini saya ingin berbagi kepada para pembaca sekalian tentang perkara yang berkaitan erat dengan tugas para nabi dan rasul ini yaitu membersihkan hati dan jiwa manusia.

Imam al-Ghozali rahimahulloh, didalam kitabnya “Bidayatul Hidayah” Menjelaskan bahwa didalam hati manusia itu berkumpul begitu banyaknya sifat-sifat yang tercela. Dari sekian banyak sifat-sifat tercela tersebut, ternyata ada tiga jenis sifat tercela yang menjadi sumber utama yang akan melahirkan sifat-sifat tercela yang lainnya yaitu hasad, riya’ dan ‘ujub.

Sebagai dasar dari hal ini saya sampaikan kepada para pembaca sekalian hadits dari Rasululloh SAW yang berkaitan dengan ketiga sifat tercela ini. Diriwayatkan dari Imam at-Thabrani bahwasannya Rasululloh SAW bersabda:

ثَلاَثٌ مُهْلِكَاتٌ: هَوًى مُتَّبَعٌ، وَشُخٌّ مُطَاعٌ، وَاَعْجَابُ الْمَرْءِ بِنَفْسِهِ.

“Ada tiga hal yang dapat merusak bagi manusia yaitu: kekikiran yang diikuti, hawa nafsu yang diperturutkan dan kekaguman seseorang yang berlebihan terhadap dirinya sendiri”.

Dalam artikel ini kita akan berfokus pada salah satu sifat yang paling tercela diantara ketiga sifat tercela ini yaitu hasad atau dengki, maknanya, apa penyebab utamanya lalu bagaimana cara membersihkan hati darinya atau bagaimana cara mengobatinya apabila sudah menjadi penyakit yang sedemikian akut bersemayam didalam hati manusia.

MAKNA HASAD

Hasad bermakna kedengkian. Orang yang memiliki sifat ini akan merasakan perasaan yang tersiksa, benci dan galau ketika melihat orang lain memiliki nikmat lebih berupa ilmu, harta dan kekaguman dari orang lain melebihi dari apa yang dimilikinya. Pada level yang paling berbahaya adalah ketika ia ingin agar semua kelebihan nikmat itu lenyap dari orang tersebut. Bahkan bisa jadi ia akan melakukan apa saja untuk dapat melenyapkannya.

Ia akan merasa sakit hati ketika mengetahui ada orang lain yang lebih pintar darinya, baik itu ilmu agama maupun ilmu yang lainnya. Ia akan merasa sakit hati ketika melihat ada orang lain yang lebih kaya darinya. Ia akan merasa sakit hati ketika melihat ada orang lain yang dikagumi dan memiliki lebih banyak pengagum melebihi dari dirinya.

penyebab sifat dengkiPENYEBAB PENYAKIT HASAD ATAU DENGKI

Hasad atau dengki ini penyebabnya adalah kekikiran, iri hati dan kebencian yang ada didalam hati. Dari ketiga sifat ini akan memunculkan kedengkian terhadap orang lain yang memperoleh nikmat dari Allah SWT. Kekikiran yang menjadi penyebab lahirnya kedengkian ini sifatnya lebih berbahaya dari kebakhilan. Mengapa? Silahkan renungi perbedaan keduanya berikut ini:

Orang yang bakhil adalah orang yang tidak mau memberikan atau membagi apa yang dimilikinya kepada orang lain yang memang sedang membutuhkannya. Ciri-ciri orang yang bakhil ini adalah keengganan untuk berinfaq, bersedekah dan mengeluarkan zakat kepada orang yang sangat membutuhkannya, atau juga enggan mengajarkan ilmu yang dimilikinya kepada orang lain yang memang membutuhkannya.

Sedangkan orang yang kikir adalah orang yang menghalangi orang lain untuk memberikan atau berbagi nikmat ilmu dan harta kepada orang lain yang sangat membutuhkannya seperti kebakhilan yang dilakukannya. Sehingga ia sakit hati ketika melihat seseorang bisa memperoleh nikmat berupa ilmu, harta atau yang lainnya lebih banyak darinya.

Padahal nikmat-nikmat itu bukanlah pemberian darinya melainkan pemberian dari Allah SWT. Seolah-olah ia tidak rela dan bahkan benci pada keputusan Allah SWT yang memberikan karunia kepada orang lain yang didengkinya tersebut. Padahal Allah SWT memberikan semua karunia itu kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya dengan keadilan-Nya, dari khazanah karunia yang memang milik-Nya, didalam kerajaan-Nya, tidak ada yang bisa menghalangi-Nya.

BAHAYA YANG AKAN DITIMBULKAN OLEH PENYAKIT HASAD ATAU DENGKI

Nah sekarang bisa anda bayangkan betapa buruknya penyakit hasad ini, ketika ia merasa tidak rela dan sakit hati ketika ada orang lain yang dianugerahi oleh Allah SWT berupa ilmu, harta, kekaguman manusia terhadapnya dan juga nasib yang lebih dari dirinya.

Berarti ia sama saja tidak rela dan tidak ridho dengan ketentuan Allah SWT yang menganugerahi nikmat tersebut kepada salah seorang hamba dari sekian banyak hamba-hamba-Nya. Inilah yang akan merusak perkara agama dan juga perkara dunianya.

HASAD AKAN MEMBEBANI JIWA PEMILIKNYA SEPANJANG HIDUPNYA

Sikap tidak rela dan tidak terima atas ketentuan Allah SWT kepada orang yang didengki justru akan menjadi siksaan didalam hati bagi orang yang memiliki sifat hasad ini sepanjang hidupnya, sebab dunia ini tidak akan pernah sepi dari orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah SWT berupa ilmu, harta dan lain sebagainya melebihi yang dimilikinya.

Sifat hasad atau dengki ini tidak akan merugikan orang yang didengkinya, sebab ketetapan Allah SWT yang berlaku atas orang yang didengki tidak akan berubah disebabkan kedengkian tersebut. Oleh sebab itu orang yang memiliki sifat hasad ini akan lelah dan tersiksa dalam perkara yang sia-sia dan sama sekali tidak bermanfaat bagi dunia dan agamanya sampai akhir hayatnya.

HASAD AKAN MENJADI SEBAB AZAB DAN MEMBUAT AMAL IBADAH MENJADI SIA-SIA

Bagi orang yang memiliki sifat hasad atau dengki ini, siksa akherat juga telah menunggunya jika ia tidak segera menyadari, menyesal, memohon ampun dan bertobat kepada Allah SWT. Sebab sama artinya ia telah menunjukkan sikap benci terhadap keputusan Allah SWT, sama artinya ia tidak ridho dengan ketentuan Allah yang ditetapkan-Nya untuk orang yang didengkinya tersebut. Adakah dosa yang lebih besar dari dosa pembangkangan seperti ini?

Sifat yang disebut sebagai puncaknya sifat tercela ini akan membuat semua amal ibadah yang dilakukan akan menjadi sia-sia, tidak ada manfaatnya dan tidak ada nilainya lagi disisi Allah SWT.

Inilah mengapa Rasululloh SAW sampai bersabda didalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Imam Ibnu Majah bahwa Rasululloh SAW pernah bersabda…

“Hasad (Kedengkian) itu akan memakan pahala amal kebaikan sama seperti api memakan kayu bakar”.

OBAT PENYEMBUH PENYAKIT HASAD ATAU DENGKI

Setelah memahami penjelasan mengenai penyakit hasad atau dengki ini, dan menyadari betapa berbahayanya penyakit tercela ini bagi pelakunya, maka perlulah kita mengetahui bagaimana cara yang paling efektif untuk mengobati dan membersihkan hati kita darinya.

Berikut beberapa kiat yang bisa menyembuhkan hati kita dari sifat hasad atau dengki yang ada didalam hati kita antara lain sebagai berikut:

  • Fahami dan sadarilah bahwa hasad atau kedengkian ini adalah sesuatu yang sia-sia belaka, sehebat apapun kedengkian kita terhadap orang lain tidak akan bisa merubah ketentuan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT atas orang yang kita dengki tersebut.

Semua nikmat dan kelebihan yang dimiliki oleh orang yang kita dengki tersebut tidak akan berkurang ataupun bertambah disebabkan oleh kedengkian kita. Jadi untuk apa menghabiskan usia kita dalam sesuatu yang sia-sia ini? Bahkan hanya akan menimbulkan bahaya berupa kebencian dan permusuhan saja dikalangan manusia.

  • Fahami dan sadarilah sedini mungkin bahwa sifat hasad atau dengki ini hanya akan mendatangkan bahaya yang lebih besar bagi kita, selain akan membuat amal ibadah kita sia-sia saja, namun juga kemurkaan dan azab dari Allah SWT telah menunggu di akherat nanti. Karena orang yang hasad ini sama saja tidak ikhlas dan tidak ridho terhadap ketentuan dan ketetapan dari Allah SWT.

Dalam sebuah hadts qudsiy Allah SWT mengancam kita…

“Barangsiapa yang tidak bersabar atas ujian-ujian dari-Ku, tidak ridho atas ketentuan-ketentuan-Ku serta tidak bersyukur atas nikmat-nikmat-Ku maka silahkan cari tuhan lain selain AKU”.

  • Renungkanlah nasehat dari Rasululloh SAW berkaitan dengan penyakit hasad atau dengki ini. Beliau SAW pernah menasehati kita bahwa tidak akan sempurna keimanan seseorang sehingga ia mencintai saudaranya sesama mukmin seperti ia mencintai dirinya sendiri.

Seharusnya seorang mukmin bisa ikut merasakan kebahagiaan ketika melihat saudaranya yang lain memperoleh karunia berupa nikmat ilmu, harta dan karunia yang lainnya melebihi dari dirinya. Sama bahagianya ketika seandainya karunia tersebut dimilikinya. Malah seharusnya bisa saling berbagi dan bekerja-sama dan saling tolong menolong dengan sesama saudaranya dalam menggunakan semua karunia yang diperoleh tersebut di jalan Allah SWT.

Rasululloh SAW bersabda….

“Orang mukmin tersebut seperti tubuh yang satu, apabila salah satu anggota tubuh terluka maka seluruh anggota tubuh yang lainnya akan merasakan sakitnya”.

Demikianlah penjelasan singkat dari saya mengenai sifat hasad atau dengki ini, mudah-mudahan ada manfaatnya khususnya buat diri saya sendiri dan umumnya buat para pengunjung situs saya ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk dan pertolongan-Nya kepada kita semua agar mampu membersihkan dan mengobati hati kita dari sifat hasad atau dengki ini.

Wallohu a’lam bish-showaab…

Leave A Response »